Minggu, 30 September 2012

Penjelasan Steganography beserta contoh nya.

Steganography adalah seni penyembunyian pesan ke dalam pesan lain nya sedemikian rupa sehingga orang lain tidak menyadari ada sesuatu di dalam pesan tersebut, informasi ini bersifat pribadi dengan sesuatu yang hasil nya akan tampak seperti informasi normal lain nya.Steganografi dapat digunakan untuk berbagai macam alasan, beberapa diantaranya untukalasan yang baik, namun dapat juga untuk alasan yang tidak baik. Untuk tujuan legitimasi dapat digunakan pengamanan seperti citra dengan watermarking dengan alasan untuk perlindungan copyright.
Inilah sebagian kecil contoh dari Steganography yang mudah kita temui yaitu :
Digital watermark (yang juga dikenal dengan fingerprinting, yang dikhususkan untuk hal-hal menyangkut copyright). Menggunakan metode penyembunyian dalam arsip yang ada pada mesin tersebut dan sebagai media pesan nya adalah sidik jari seseorang yang di tempelkan pada mesin tersebut.

Contoh fingerprinting

Dari mesin tersebut akan menghasilkan informasi berupa data absen karyawan pada suatu perusahaan yang pada jaman sekarang sudah tidak asing untuk menggunakan nya.


Contoh absensi karyawan

Daftar absen tersebut lah yang menjadi informasi tersembunyi bagi orang tertentu dan tak banyak orang lain ketahui. Hanya berawal dari sebuah mesin tapi bisa menghasilkan informasi yang penting bagi suatu perusahaan tersebut.
Itu lah sebagian contoh dari steganography yang mudah kita temui tapi ternyata tak banyak orang yang mengetahui kalau itu sebagian dari pesan / informasi yang di rahasiakan .









Tidak ada komentar:

Posting Komentar